Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS - OPERATOR SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS

 

Sahabat operatorsd.comCara Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS sebagai salah satu administrasi BOS dan salah pelaporan penggunaan Dana BOS satuan pendidikan untuk Tahap 1, Tahap 2 dan Tahap 3 yang tertuang pada format Laporan Pertanggung Jawaban BOS (LPJ), selain dari Pelaporan BOS online pada lama kemdikbud.go.id. Format Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS bisa sahabat unduh di akhir postingan ini.

 

operatorsd.com

 

Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS merupakan salah satu bentuk administrasi Laporan Pertanggung jawaban BOS Sekolah yang harus di siapkan oleh Bendahara BOS Sekolah.

 

 

Berikut adalah Cara Pengisian Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS Sesuai Juknis BOS Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 dan Perubahan Anggaran Tahun 2021.

 

 

Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS

Dalam format tersebut diketahui bahwa Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS memuat identitas laporan yang terdiri dari Judul Format dibuatnya laporan, memuat kalimat pernyataan Laporan Realisasi (LRA) satuan pendidikan yang akan dilaporkan tahun berjalan.

 

 

Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS juga memuat kalimat Laporan realisasi yang disampaikan telah sesuai dengan sasaran penggunaan yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan dan telah didukung oleh kelengkapan dokumen yang sah sesuai ketentuan yang berlaku dan bertanggung jawab atas kebenarannya.

 

 

Selain itu Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS juga memuat jumlah anggaran DPA/RKAS satu tahun satuan pendidikan, Realisasi s/d Bulan/Semester/Tahap lalu, Realisasi Bulan/Semester/Tahap ini, Jumlah Realisasi s/d Bulan/Semester/Tahap ini, Saldo Selisih / (Kurang) Dana BOS tersebut.

 

 

Berikut dibawah ini contoh Selain itu Selain itu Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS sekolah admin dan mudah-mudahan sebagai gambaran Tim Managemen BOS Sekolah serta sahabat OPS:

 

operatorsd.com
 

 

Contoh dan Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS mengacu pada pagu anggaran penerimaan yang sudah dicatat oleh Bendahara dan Tim Managemen BOS Sekolah pada tahun berjalan. Pagu yang sudah disiapkan pada RKAS cut off Dana BOS Per 31 Agustus tahun berjalan dan penerimaan/BOS salur pada laman https://bos.kemdikbud.go.id.

 

 

 

Untuk Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS pengisiannya dapat disimak berikut ini:

 

 

A.   Jumlah Anggaran Pagu LRA:

Diisi sesuai pagu anggaran Dana BOS satuan pendidikan yang diambil dari jumlah siswa dapodik pada cut off per 31 Agustus tahun berjalan, pada Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) mengacu pada 5 kode rekning BOS persatu tahun satuan pendidikan.

Lima kode rekening bos tersebut adalah:

1.    Belanja Pegawai

2.    Belanja Barang Jasa

3.    Belanja Modal Peralatan dan Mesin BOS

4.    Belanja Modal Aset Tetap Lainnya BOS

5.    Belanja Modal Gedung Bangunan BOS

 

 

B.   Realisasi s/d Bulan/Semester/Tahap lalu:

Diisi jumlah Dana BOS salur yang diterima sekolah pada tahap tersebut, artinya jika untuk pengisian tahap 1, maka kolom Realisasi s/d Bulan/Semester/Tahap lalu adalah 0 (kosong) karena belum ada tahap yang lalu di tahun tersebut.  

 

 

C.   Realisasi Bulan/Semester/Tahap ini:

Diisi jumlah Dana BOS salur yang diterima sekolah pada tahap tersebut (tahap yang akan dilaporkan untuk sekarang. Pada bagian penerimaan diisi jumlah peyaluran pada tahap tersebut, untuk pengeluaran diisi jumlah pengeluaran untuk 5 kode rekening pada tahap tersebut.

 

 

D.   Jumlah Realisasi s/d Bulan/Semester/Tahap ini:

Diisi penjumlahan dari kolom Realisasi s/d Bulan/Semester/Tahap lalu dan Realisasi Bulan/Semester/Tahap ini. Maka akan dihasilkan total dari tahap sebelumnya dan tahap sekarang untuk tahap sekarang pada tahun berjalan.

 

 

E.   Selisih / (Kurang):

Diisi selisih jumlah dari kolom Jumlah Anggaran Pagu LRA dikurangi Jumlah Realisasi s/d Bulan/Semester/Tahap ini Pagu anggran 1 tahun dikurangi Dana BOS pada tahap lalu dan tahap sekarang hingga dihasilkan saldo/sisa (dana yang belun tersalurkan).

 

 

Jika sahabat OPS atau Tim Manageman BOS Sekolah membutuhkan file/format sederhana LPJ BOS terbaru Tahun 2021 Sesuai Juknis BOS Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 yang mudah untuk digunakan dan untuk membantu Tim Manageman BOS Sekolah, Silahkan unduh Format tersebut | DISINI 

 



Berikut Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS yang sudah admin sematkan pada link dibawah ini: 

 


Demikian Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS Sesuai Juknis BOS Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya dan bisa membantu Tim Manajemen BOS Sekolah dan sahabat OPS selaku penginput anggaran Dana BOS. Terima kasih sudah berkunjung.

 


= Baca Juga =



Post a Comment for "Cara Membuat Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Dana BOS "