Aplikasi Kelulusan SKHUS Cetak Ijazah Kurikulum 2013 SD - OPERATOR SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Kelulusan SKHUS Cetak Ijazah Kurikulum 2013 SD

 

Sahabat operatorsd.com, di tengah mewabahnya virus korona kita semua prihatin karena dampaknya ternyata tidak hanya pada segi kesehatan tetapi juga pada dunia pendidikan. Proses pembelajaran tidak dapat berlangsung sebagaimana mestinya tetapi dengan terpaksan harus dilaksanakan dengan system jarak jauh/melalui jaringan. Apapun yang terjadi kita meski tetap semangat untuk tetap berupaya agar pendidikan tetap berjalan dengan sebaik-baiknya.

 

operatorsd.com


Kita tetap berusaha dan berdoa semoga agar pandemi ini segera berakhir sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan lagi seperti sediakala sebelum adanya pandemic Covid-19. Dampak Wabah Korona juga telah memengaruhi pelaksanaan penilaian di setiap jenjang sekolah mulai dari Sekolah Dasar hingga perguruan tingi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan berbagai aturan yang ditindaklanjuti dengan peraturan gubernur, bupati, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Banyaknya aturan yang selalu berkembang antara pusat dan daerah di banyak hal menjadikan sahabat operatorsd.com perlu hati-hati untuk menerjemahkan ke dalam tindakan nyata. Tak terkecuali pelaksanaan Ujian Sekolah yang baru saja kita laksanakan. Setelah Ujian Sekolah berakhir pada masa-masa seperti ini menjadi rangkaian tugas penting bagi guru adalah mengolah nilai.

 

Bagi lembaga pengolahan nilai kelas 6 merupakan hal pokok atau kunci bagi keterlaksanaan tahapan akhir lembaga dalam mengambil keputusan kelulusan pesertadidik sebagaimana yang telah dituangkan dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL). SKL yang disusun Satuan Pendidikan perlu mengacu peraturan perundangan yang berlaku sehingga dalam pelaksanaannya tetap pada jalur yang benar.

 


Bagi guru masa-masa saat ini merupakan masa penting dalam menentukan hasil akhir peserta didik apakah mereka Lulus atau Tidak. Pengolahan nilai ini menjadi sangat penting karena menjadi gambaran capaian peserta didik selain digunakan sebagai penentu kelulusan juga sebagai dasar dalam mengikuti pendidikan pada jenjang berikutnya melalui PPDB.

 


Ada beberapa kriteria umum yang dibuat oleh satuan pendidikan dalam menentukan kelulusan, diantaranya adalah:

a. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran;

b. Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan

c. Lulus Ujian Sekolah (US)

 


Bagi satuan pendidikan kriteria tersebut biasanya dituangkan dalam SKL lembaga.SKL hendaknya juga harus nyambung dengan pelaksanaannya. Jika tidak maka pelaksanaan penilaian di lembaga tersebut pasti tidak segaris atau keluar dari program yang telah dibuat.

 


Pengolahan nilai tentu membutuhkan data pokok sebagai sumber pengolahan nilainya. Data pokok yang dimaksud adalah nilai dari komponen pembentuk nilai akhir sebagaimana telah ditetapkan.

 


operatorsd.com akan membantu sahabat dalam mengolah nilai kelulusan, SKHUS, dan Ijazah sebagaimana tertuang dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, Dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Pada bagian kolom nilai untuk penulisan ijazah dijelaskan bahwa nilai ujian sekolah untuk SD dan SDLB, diperoleh dari rata-rata nilai lima semester terakhir (kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 semester gasal); dan sebagai tambahan nilai kelulusan, dapat ditambahkan nilai semester genap kelas 6 dan hasil ujian sekolah yang dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor serta prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

 


Pada akhirnya pengolahan nilai menjadi hal penting yang perlu segera dilaksanakan. Untuk mempermudah sahabat dalam mengolah nilai kelulusan, tim operatorsd.com sengaja membagikan aplikasi pengolahan nilai kelulusan secara gratis di sini. Sahabat dapat mengunduhnya dengan cara klik Download Aplikasi Pengolahan Nilai kelulusan di bawah ini.

 



Demikian tentang Aplikasi Kelulusan SKHUS Cetak Ijazah Kurikulum 2013 SD Semoga ada manfaatnya dan terima kasih sudah berkunjung.


Post a Comment for "Aplikasi Kelulusan SKHUS Cetak Ijazah Kurikulum 2013 SD"