Tahapan Materi Bimtek Guru Belajar Seri Belajar Inklusif - OPERATOR SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahapan Materi Bimtek Guru Belajar Seri Belajar Inklusif

 

Sahabat Operatorsd.com, Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif adalah salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

 

operatorsd.com


Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif dirancang untuk menjawab tantangan guru di sekolah reguler/sekolah penyelenggara pendidikan inklusif agar mampu melayani keberagaman peserta didik di kelasnya.

 

Tujuan program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif

  • Meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
  • Meningkatkan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru untuk melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI).
  • Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring.

 

Siapa yang bisa menjadi peserta program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif

  • Semua guru PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK.
  • Kepala Sekolah.
  • Pengawas Sekolah.
  • Tenaga Administrasi Sekolah.
  • Telah memiliki Akun SIMPKB.
  • Tidak terdaftar sebagai peserta Bimtek Daring Pemenuhan GPK.

 


Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif dirancang untuk menjawab tantangan guru di sekolah reguler/sekolah penyelenggara pendidikan inklusif agar mampu melayani keberagaman peserta didik di kelasnya.

 


Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif adalah salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

 


Tahapan program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif

Tahap 0 Orientasi

Pada tahap ini peserta dibekali pemahaman tentang latar belakang, tujuan umum, penyesuaian kebijakan, pengantar program, dan struktur program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif.

 

Tahap 1 Bimtek

Pada tahap ini peserta akan mempelajari tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran. Pada tahap ini peserta melakukan pembelajaran mandiri secara konsisten dan terukur setiap harinya dengan ekuivalensi 4 JP/hari. Peserta tuntas Bimtek akan mendapatkan sertifikat Bimtek 32 JP.

 

Tahap 2 Pelatihan

Pada tahap ini peserta akan diberikan latihan untuk melaksanakan identifikasi, melakukan asesmen dan menyusun planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI). Pada tahap ini peserta akan mendapatkan sertifikat Pelatihan 32 JP setelah mengakses microlearning dan melakukan pengimbasan dengan mengunggah URL video pengimbasan ber-platform youtube di SIM Ayo Guru Belajar.

 

Tahap 3 Microlearning

Pada tahap ini peserta akan mendapatkan materi pelengkap/penunjang berupa microlearning yang akan menambah pengetahuan, pemahaman, serta pengalaman guru dalam menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Peserta yang dapat mengakses microlearning ini adalah peserta yang telah menuntaskan Pelatihan.

 

Tahap 4 Pengimbasan

Pada tahap ini peserta yang telah mengikuti kegiatan bimtek, pelatihan, dan telah mengakses microlearning diharapkan menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mempresentasikan program, mengajak dan mendampingi guru lain untuk mengikuti Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif pada satuan pendidikan tempat peserta mengajar, kelompok kerja guru seperti KKG/MGMP atau organisasi profesi guru. Berikut adalah langkah pengimbasan:

  • Dokumentasikan pengimbasan dalam bentuk video.
  • Unggah link video pengimbasan ke kanal video berbagi (youtube).
  • Salin URL video pengimbasan ber-platform youtube tersebut.
  • Unggah URL video pengimbasan tersebut ke SIM Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Inklusif.
  • Pada tahap ini peserta akan mendapatkan Piagam Penghargaan bagi satuan pendidikan yang akan mencantumkan nama-nama peserta tuntas Bimtek dan Pelatihan.

 


Silahkan sahabat operatorsd.com untuh Materi Bimtek Guru Belajar Seri Belajar Inklusif file pdf melalui tautan link dibawah ini:

 


Untuk lebih jelasnya admins telah membuat video tutorial cara akses Bimtek Guru Belajar Seri Belajar Inklusif Angkatan 1 dibawah ini, jangan lupa like, share dan SUSBCRIBE ya…




Demikian mengenai Tahapan Materi Bimtek Guru Belajar Seri Belajar Inklusif semoga ada manfaatnya dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Post a Comment for "Tahapan Materi Bimtek Guru Belajar Seri Belajar Inklusif "