Solusi Mengatasi Tabel Peserta Didik Aplikasi Dapodik Versi 2021 - OPERATOR SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Mengatasi Tabel Peserta Didik Aplikasi Dapodik Versi 2021

Operatorsd.com - Sebelumnya admin telah memposting mengenai Cara Unduh Genrate Prefill Aplikasi Dapodik Versi 2021 yang memang tidak ada perbedaan sengan cara generate prefill pada Aplikasi Dapodik tahun sebelumnya dan langkah-langkahnya masih seperti itu. Jika rekan-rekan penasaran, bisa dilihat disini postingannya: Cara Unduh Genrate Prefill Aplikasi Dapodik 2021.


Solusi Mengatasi Tabel Peserta Didik Aplikasi Dapodik Versi 2021


Pada kesempatan kali ini admin meneruskan postingan, masih mengenai Aplikasi Dapodik Versi 2021, yaitu Solusi Mengatasi Tabel Pada Peserta Didik Aplikasi Dapodik Veris 2021,  yang mungkin banyak perbedaan-perbedaan, penyempurnaan dan pemutakhir yang telah dilakukan oleh Kemdikbid pada aplikasi ini menjadi OPS tambah pusing dan lembur gak henti-henti.

 

Kelulusan Bersama pada Tingkat Akhir untuk Kelas 6, 9, 12 dan 13

Semua peserta didik yang terdaftar di tingkat akhir (kelas 6, 9, 12 dan 13) di semester genap akan diluluskan bersama oleh sistem. Dengan adanya fitur kelulusan bersama ini, petugas pendataan tidak perlu melakukan kelulusan manual pada Aplikasi Dapodik. Jika ada data peserta didik yang tidak lulus atau  keliru  pengisiannya,  petugas  pendataan dapat  melakukan  verifikasi kepada Admin Dapodik di Dinas Pendidikan setempat untuk mengembalikan data peserta didik tersebut.

 

Perbaikan Validasi pada GUI pada Saat Mengeluarkan Siswa yang Aktif

Perbaikan validasi ini disesuaikan saat ada peserta didik yang dikeluarkan dengan status masih aktif. Validasi ini berupa peringatan wajib mengisi tanggal keluar dan alasan/keterangan keluar dengan benar jika ada peserta didik yang akan dikeluarkan di Aplikasi Dapodik.

Berikut Gambar Validasi Peserta Didik

 


Perbaikan Pengisian Formulir pada Peserta Didik

Perbaikan ini terjadi ketika ada perbedaan pengisian kewarganegaraan peserta didik khususnya saat perbaikan/edit data. Kolom yang terbuka saat pilihan kewarganegaraan Indonesia dengan kewarganegaraan luar Indonesia dibedakan.

Berikut Gambar Formulir Peserta Didik WNI

 

Saat kolom kewarganegaraan dipilih Indonesia, maka kolom pada data pribadi peserta didik yang tampil yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Berikut Gambar Formulir Peserta Didik WNA

 

Sementara jika kewarganegaraan peserta didik dipilih luar negeri/ selain Indonesia kolom NIK dan Nomor KK otomatis disembunyikan.

 

Jangan lupa juga apabila rekan-rekan membutuhkan informasi lain, silahkan klik link dibawah ini:

  • TONTON VIDEO TUTORIALNYA: [youtube]
  • Donwload Instaler Aplikasi Dapodik Versi 2021 [disini]
  • Download Panduan Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2021 [disini]
  • Fitur-fitur perubahan pada Aplikasi Dapodik 2021 [disini]
  • Cara Unduh/Genrate Prefill Dapdik 2021 [disini]

 

CATATAN: Jika rekan-rekan masih ragu dengan cara penginstalan Aplikasi Dapodik Versi 2021, maka jangan lupa untuk selalu membaca Buku Panduan Cara Instalasi Dapodik Versi 2021

 

Demikian yang bisa admin sampaikan mengenai Solusi Mengatasi Tabel Peserta Didik Aplikasi Dapodik Versi 2021, semoga ada manfaatnya dan terima kasih sudah berkunjung,,, #SalamSATUData

Post a Comment for "Solusi Mengatasi Tabel Peserta Didik Aplikasi Dapodik Versi 2021"