Contoh SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) Terbaru - OPERATOR SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) Terbaru

 

operatorsd.com - Pada kesempatan kali ini dan melalui blog ini saya akan memberikan sebuah file penting untuk keperluan sekolah dalam melengkapi administrasi di sekolah masing-masing. Adapun file yang akan saya bagikan pada postingan kali ini yaitu file format contoh SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah atau yang biasa di singkat SK TPMPS.

 

Contoh SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) Terbaru

SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) yang akan saya berikan ini merupakan format SK terbaru yang di gunakan pada tahun pelajaran 2019/2020. Seperti yang kita ketahui bahwa SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) sangat penting untuk di buat oleh setiap satuan Pendidikan mulai dari jejang SD, jenjang SMP,jenjang SMA dan jenjang SMK.

 

Sistem penjaminan mutu Pendidikan di sekolah akan berlangsung dengan baik jika semua warga sekolah ikut terlibat didalamnya sehingga di perlukan pembentukan Tim untuk dapat melaksanakan penjaminan mutu Pendidikan di sekolah.


Seperti yang saat ini di lakukan di setiap satuan Pendidikan yang mana kementerian Pendidikan dan kebudayaan telah mengeluarkan sebuah aplikasi penjaminan mutu Pendidikan yang harus di isi oleh setiap komponen yang telah di tentukan di setiap satuan Pendidikan.


Dengan adanya aplikasi penjaminan mutu Pendidikan maka sekolah dapat mengetahui hasil rapor mutu sekolahnya masing-masing yang dapat di jadikan sebagai cerminan keberhasilan sekolah dalam melakukan penjaminan mutu Pendidikan.

 

Berdasarkan Permendikbud Nomor 28 tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan di bagi menjadi 2 bagian yakni Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

 

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di rencanakan, dilaksanakan, di kendalikan dan dikembangkan oleh setiap satuan Pendidikan dasar dan menengah yang mencakup seluruh aspek penyelenggaraan Pendidikan dengan memanfaatkan sumber daya untuk mencapai standar nasional Pendidikan.

 

Salah satu tugas dan wewenang dari satuan Pendidikan dalam mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah membentuk Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) yang terdiri atas kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan komite sekolah.

 

Nantinya Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) inilah yang akan bertugas melaksanakan siklus penjaminan mutu Pendidikan di setiap satuan Pendidikan masing-masing sehingga akan tercipta budaya mutu di sekolah.

 

Adapun kedudukan dalam panitia Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) yaitu meliputi:

ü  ketua

ü  Koordinator Pengembang Standar Isi

ü  Koordinator Pengembang Standar Proses

ü  Koordinator Pengembang Standar Kelulusan

ü  Koordinator Pengembang Standar Sarpras

ü  Koordinator Pengembang Standar PTK

ü  Koordinator Pengembang Standar Penilaian

ü  Koordinator Pengembang Standar Pengelolaan

ü  Koordinator Pengembang Standar Pembiayaan

ü  Anggota Auditor/Evaluator Internal

ü  Anggota Auditor/Evaluator Internal

 

Selain itu ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus di emban dalam melakukan tugas sebagai panitia Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) diantaranya yaitu:

1.    Mengelola data mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan.

2.    Mengoordinasikan pelaksanaan penjaminan mutu di tingkat satuan pendidikan

3.    Melakukan pembinaan, pembimbingan, pendampingan, dan supervisi terhadap pelaku pendidikan di satuan pendidikan dalam pengembangan penjaminan mutu pendidikan;

4.    Melaksanakan pemetaan mutu pendidikan berdasarkan data mutu pendidikan di satuan pendidikan;

5.    Melakukan monitoring dan evaluasi proses pelaksanaan pemenuhan mutu yang telah dilakukan; dan

6.    Memberikan rekomendasi strategi peningkatan mutu berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi.

 

 

Bagi anda yang di sekolahnya telah melakukan pemilihan panitia Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) namun belum memiliki SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) maka pada postingan ini anda dapat memiliki contoh format SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) secara gratis dan anda cukup menyesuaikan dengan kedaan di sekolah masing-masing.

 

File format contoh SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) yang akan saya bagikan pada postingan kali ini, filenya tersimpan dalam bentuk word sehingga mudah untuk di edit dan anda dapat menyesuaikannya dengan nama sekolah anda maisng-masing.


Untuk melihat tampilan dari SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) Terbaru, maka berikut ini tampilannya:


 


Bagi anda yang membutuhkan file contoh format SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) seperti pada tampilan di atas, maka silahkan anda download file SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) tersebut dengan cara mengklik judul di bawah ini:

 

 


Demikianlah postingan saya kali ini, semoga contoh format SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) yang telah saya bagikan tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya serta dapat di jadikan sebagai referensi dalam membuat SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) agar dapat menghasilkan SK yang lebih sempurna lagi. (SUMBER: https://www.sdnsobang1.com/2020/07/download-sk-tpmps-tim-penjaminan-mutu-pendidikan-sekolah.html).


Post a Comment for "Contoh SK Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) Terbaru"