SK Bendahara BOS Terbaru Tahun 2022 - OPERATOR SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SK Bendahara BOS Terbaru Tahun 2022

 

Sahabat operatorsd.com – Download SK Bendahara BOS Terbaru untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK Tahun Pelajaran 2021/2022. Pada postingan saat ini Admin akan membahas mengenai surat-surat penting yang harus di miliki oleh sekolah yang di gunakan sebagai pegangan sekolah dan arsip sekolah dalam melengkapi administrasi di sekolah. Surat-surat penting yang akan saya bahas di sini yaitu mengenai SK yang menjadi pegangan sekolah dalam memilih dan mengangkat seseorang dalam suatu jabatan yang di amanahkan.

 

SK Bendahara BOS Terbaru Tahun 2022

Di dalam satuan Pendidikan kita tentunya mengenal dengan adanya struktur organisasi sekolah yang mana di dalam struktur organisasi sekolah tersebut terdapat beberapa jabatan penting yang perlu di bentuk oleh sekolah agar kegiatan dan peleksanaan program sekolah dapat berjalan dengan baik.

 

Salah satu jabatan penting di dalam sekolah yaitu sebagai bendahara sekolah atau lebih di kenal dengan bendahara BOS. Bendahara BOS yang di maksud disini ialah tugas yang harus di ampu dalam menangani persoalan dana bantuan operasional sekolah.

 

Tugas sebagai seorang bendahara BOS tidaklah mudah sebab banyak tantangan yang harus dihadapi. Tugas utama bendahara BOS adalah untuk melakukan penginputan data dan pelaporan belanja sekolah setiap bulannya. Bendahara BOS tidak memiliki hak untuk menentukan apa-apa saja yang ingin di programkan atau di belanjakan melalui anggaran dana BOS tanpa ada kesepakatan dari pihak sekolah. Namun pada kenyataan banyak pihak-pihak yang menyalah gunakan wewenang atau jabatan sebagai seorang bendahara BOS.

 

Ada beberapa tujuan yang di tetapkan dalam menggunakan dana BOS untuk kepentingan sekolah diantaranya adalah sebagai berikut:

a.    Membantu penyediaan pendanaan biaya operasi non personil sekolah, akan tetapi masih ada beberapa pembiayaan personil yang masih dapat dibayarkan dari dana BOS;

b.    Membebaskan pungutan biaya operasi sekolah bagi peserta didik SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat atau pemerintah daerah;

c.     Meringankan beban biaya operasi sekolah bagi peserta didik SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh masyarakat; dan/atau

d.    Membebaskan pungutan peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu pada SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh masyarakat.

e.    Meningkatkan angka partisipasi kasar;

f.      Mengurangi angka putus sekolah;

g.    Mewujudkan keberpihakan Pemerintah Pusat (affimative action) bagi peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu dengan membebaskan (fee waive) dan/atau membantu (discount fee) tagihan biaya sekolah dan biaya lainnya di SMA/SMALB/SMK sekolah;

h.    Memberikan kesempatan yang setara (equal opportunity) bagi peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu; dan/atau

i.      Meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah.

 

Seperti yang telah di uraikan pada penjelasan di atas dimana peranan bantuan dana BOS sangat membantu perkembangan sekolah dalam menciptakan sekolah yang lebih maju dan berkualitas baik dari segi pembiayaan maupun kualitas pembelajaran.

 

Dengan adanya dana BOS juga sangat membantu peranan orang tua peserta didik karena tidak lagi terbebani dengan masalah biaya Pendidikan yang terkadang membuat banyak anak putus sekolah karena orang tua mereka tidak mampu untuk membiayai keperluan sekolah anaknya.

 

Dalam penunjukan tugas sebagai bendahara BOS atupun masuk di dalam tim manajemen BOS maka perlu adanya surat yang resmi dalam penunjukan tersebut agar pekerjaan tersebut nantinya dapat banar-benar di kerjakan sesuai dengan tanggung jawab yang telah di berikan.

Surat resmi yang dimaksud di sini adalah dalam bentuk SK penunjukan sebagai bendahara bos ataupun sebagi tim manajemen bos.

 

Bagi sekolah-sekolah yang belum memiliki contoh SK Bendahara BOS dan SK Tim Manajemen BOS, maka Pada postingan kali ini saya akan membagikannya kepada anda sekalian agar kiranya bagi anda yang membutuhkannya maka anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui postingan saya ini.

 

SK Bendahara BOS di buat hanya untuk satu orang saja yaitu yang diangkat sebagai bendahara BOS saja sedangkan SK Tim Manajemen BOS merupakan SK yang didalamnya memuat bebrapa orang yang masuk sebagai unsur-unsur yang dianggap terlibat dalam pengaturan pembiayaan dana BOS.

 

Apabila anda membutuhkan salah satu atau bahkan kedua jenis SK tersebut maka silahkan anda download melalui link di bawah ini, yaitu dengan cara mengklik judul SK sesuai SK yang anda inginkan. 

 

Sebelum anda menggunakan SK tersebut di atas maka saya harapkan anda merubah terlebih dahulu KOP dan nama sekolah sesuai dengan gambar atau logo KOP dan nama sekolah anda masing-masing.

 

Demikianlah postingan saya kali ini, semoga file SK Bendahara BOS dan SK Tim Manajemen BOS yang telah saya bagikan pada postingan kali ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya dan Bagi anda yang memegang jabatan sebagai bendahara BOS agar kiranya dapat benar-benar melakukan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan. Semoga da manfaatnya dan terima kasih sudah berkunjung.

 

Post a Comment for "SK Bendahara BOS Terbaru Tahun 2022"