Cara Cetak NISN Online Terbaru - OPERATOR SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cetak NISN Online Terbaru

 

Sahabat operatorsd.com – Pada kesempatan kali ini admin berbagi mengenai Cara Cetak NISN Online Terbaru tahun 2021.

 


Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

 

Tujuan dan Manfaat NISN:

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

 

Verval Lulusan:

Untuk Verifikasi dan Validasi NISN Siswa yang sudah lulus silahkan klik http://pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/

 

Verval Lulusan Sekolah Luar Negeri (Non SILN):

Untuk Verifikasi dan Validasi NISN Siswa yang sudah lulus dari sekolah luar negeri (Non SILN) silahkan klik http://pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/pengajuan/sekolah-ln

 

Berikut Cara Cetak NISN Online Terbaru:

Kunjungi laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ bisa menggunakan smartphone dan PC


Selanjutnya input pada form yang diminta:

  • NISN Siswa
  • Nama Ibu Kandung
  • Centang saya bukan robot, dan
  • Klik tombol “Cari Data” 




Setelah muncul tampilan hasil pencarian NISN seperti pada gambar dibawah 


Pada form “Verifikasi Identitas Sekolah” kita inputkan:

  • NPSN Sekolah
  • Tanggal lahir peserta didik

 

Kemudian inputkan “Nomor NIK” peserta didik, seperti gambar contoh.

Setelah semua beres, kita centang “Saya bukan robot” dan klik tombol “Lihat Data”

 

Kemudian setelah beres, akan muncul menu “Verifikasi Data Peserta Didik” data tersebut sesuai dukcapil, setelah itu klik pada “Profile Peserta Didik” untuk melihat profile peserta didik. 


Setelah muncul gambar NISN data peserta didik, sahabat tinggal klik tombol “print” atau “ctrl+p” boleh juga “screenshoot”, dan kartu NISN pun bisa sahabat cetak langsung atau save as pdf terlebih dahulu. 



Untuk Lebih jelasnya sahabat bisa tonton video tutorialnya mengenai Cara Cetak NISN Online Terbaru, dibawah ini:


Demikian postingan kali ini tentang Cara Cetak NISN Online Terbaru, semoga bermanfaat selamat mencetak kartu NISN, dan terima kasih sudah berkunjung.


Post a Comment for "Cara Cetak NISN Online Terbaru"