Soal dan Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogi 2 PPG Terbaru 2021 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 - OPERATOR SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal dan Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogi 2 PPG Terbaru 2021 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21

 

Soal dan Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogi 2 PPG Terbaru 2021 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21


Soal dan Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogi 2 PPG Terbaru 2021 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21



KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN ABAD 21

1) FENOMENA PERUBAHAN PEMBELAJARAN ABAD 21

Saudara mahasiswa, tentu Anda sudah pernah duduk di bangku TK, SD, SMP maupun SMA. Apakah Saudara masih ingat ruang-ruang kelas konvensional berisi meja atau bangku, kursi, dan papan tulis yang terpampang di depan kelas dengan sekotak kapur dan sebuah penghapus. Perkembangan berikutnya hadir ruang kelas mungkin menggunakan whiteboard dan spidol untuk menggantikan papan tulis dan kapur. Saat ini, terdapat pula kelas yang sudah menggunakan proyektor LCD didukung laptop atau komputer yang terhubung dengan jaringan internet, atau ruang-ruang kelas multimedia dilengkapi papan tulis elektrik, komputer tablet, iPAD, PDA, smartphone, dan perangkat canggih lainnya yang dilengkapi jaringan internet berkecepatan tinggi. Namun, masih ada pula kelas-kelas di daerah terpencil yang memiliki papan tulis berlubang atau bahkan tidak memiliki ruang kelas yang layak. Itulah realitas yang ada, namun kita harus bergerak maju bersama. Mungkin kelas Anda terpencil, namun jaringan internet sebentar lagi akan mencakup seluruh wilayah Indonesia dengan program Palapa Ring. Guru dan peserta didik dapat memanfaatkan jaringan internet untuk mengakses big data dimana setiap detik mengalir data dalam jumlah besar. Big data merupakan kumpulan data dalam skala besar dan kompleks yang dapat menjadi sumber belajar potensial.

 

Bishop (2006) mengemukakan orientasi-orientasi pembelajaran abad 21 dalam bentuk berbagai keterampilan abad 21 yang penting dikuasai peserta didik untuk menjadi warga negara dan insan yang kreatif produktif di abad 21.

 

Beberapa keterampilan penting abad 21 yang divisualisasikan pada gambar 3 sangat relevan menjadi orientasi pembelajaran di Indonesia sebagai berikut:

·         Berpikir kritis dan penyelesaian masalah (critical thinking and problem solving).

·         Kreatifitas dan inovasi (creativity and innovation).

·         Pemahaman lintas budaya (cross-cultural understanding).

·         Komunikasi, literasi informasi dan media (media literacy, information, and communication skill).

·         Komputer dan literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (computing and ICT literacy)

·         Karir dan kehidupan (life and career skill)

 

KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK ABAD 21

Generasi milenial, dunia pendidikan kembali harus menyesuaikan dengan kehadiran generasi z yaitu anak-anak yang lahir setelah tahun 1995. Generasi z berada pada rentang usia 14- 19 tahun dan memiliki banyak sebutan seperti generasi I, Generation Next, New Silent Generation, Homelander, generasi youtube, generasi net, dan sebagainya (Giunta, 2017). Shenila Janmohamed (2016) dalam buku Generation M: Young Muslim Changing The World menyebutnya dengan istilah generasi M, yaitu kalangan muda yang religius namun sekaligus modern. Rideout et.al, (2010) menggunakan istilah generasi M2 dimana pada usia 8-18 tahun generasi ini lebih banyak menghabiskan waktu berinteraksi dengan media genre baru (new media) seperti komputer, internet dan video games. Generasi z besar kemungkinannya tidak sempat menjalani kehidupan analog, namun langsung masuk dalam lingkungan digital. Silahkan Saudara buktikan dan amati, jarang dijumpai generasi z masih mendengarkan siaran radio, memutar CD, memutar kaset video, dan menonton televisi. Interaksi dengan media generasi sebelumnya (old media) seperti televisi, media cetak, dan musik audio mulai berkurang intensitasnya. Fenomenaini bukan hanya merubah “apa” yang dipelajari, namun merubah cara “bagaimana” generasi z ini mempelajarinya.

 

Di Indonesia generasi z bisa dikatagorikan mereka yang lahir sekitar tahun 1995 setelah layanan internet pertama oleh Indonet di Indonesia tersedia pada tahun 1994. Kesenjangan digital tidak lagi sekedar ditentukan faktor ekonomi seperti kepemilikan handphone, namun lebih disebabkan perbedaan tingkat literasi lintas antara generasi guru dan generasi peserta didik.

 

D. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21

1.    Discovery learning;

2.    Pembelajaran berbasis proyek;

3.    Pembelajaran berbasis masalah dan penyelidikan;

4.    Belajar berdasarkan pengalaman sendiri (Self Directed Learning/SDL);

5.    Pembelajaran kontekstual (melakukan);

6.    Bermain peran dan simulasi;

7.    Pembelajaran kooperatif;

8.    Pembelajaran kolaboratif;

9.    Diskusi kelompok kecil;

 

e. TPACK sebagai Kerangka Integrasi Teknologi

Pembelajaran sesuai bidang (Content/C)) dikenal dengan istilah Pedagogy Content Knowledge (PCK). Istilah PCK pertama kali diperkenalkan oleh Shulman pada tahun 1986. Namun, PCK tidak sekedar irisan atau gabungan pengetahuan tentang pedagogi dan penguasaan materi namun diperkuat oleh pengalaman-pengalaman guru (tacit knowledge).

 

Penelitian menunjukkan persepsi calon guru terhadap TPACK sangat dipengaruhi oleh pengalaman mengikuti perkuliahan terkait pengetahuan tentang teknologi dan pengetahuan tentang pedagogi dan teknologi (Koh, et.al, 2013) Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh besar terhadap proses pembelajaran sehingga abad 21 mendorong Saudara untuk memiliki pengetahuan terkait teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Istilah PCKberkembang menjadi TPCK dimana “T” adalah teknologi. Guna memudahkan penyebutannya TPCK dirubah menjadi TPACK dan berkembang melibatkan banyak domain pengetahuan di dalamnya.

 

Konsep TPACK melibatkan 7 domain pengetahuan dikarenakan ada irisan atau sintesa baru, yaitu;

a)    Pengetahuan materi (content knowledge/CK) yaitu penguasaan bidang studi atau materi pembelajaran.

b)    Pengetahuan pedagogis (pedagogical knowledge/PK) yaitu pengetahuan tentang proses dan strategi pembelajaran.

c)    Pengetahuan teknologi (technological knowledge/TK) yaitu pengetahuan bagaiamana menggunakan teknologi digital.

d)    Pengetahuan pedagogi dan materi (pedagogical content knowledge/PCK) yaitu gabungan pengetahuan tentang bidang studi atau materi pembelajaran dengan proses dan strategi pembelajaran.

e)    Pengetahuan teknologi dan materi (technological content knowledge/TCK) yaitu pengetahuan tentang teknologi digital dan pengetahuan bidang studi atau materi pembelajaran.

f)     Pengetahuan tentang teknologi dan pedagogi (technological paedagogical knowledge/TPK) yaitu pengetahuan tentang teknologi digital dan pengetahuan mengenai proses dan strategi pembelajaran.

g)    Pengetahuan tentang teknologi, pedagogi, dan materi (technological, pedagogical, content knowledge/TPCK) yaitu pengetahuan tentang teknologi digital, pengetahuan tentang proses dan strategi pembelajaran, pengetahuan tentang bidang studi atau materi pembelajaran

 

TPACK merupakan kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam proses pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengatahuan tentang teknologi, materi, dan proses atau strategi pembelajaran. Paket-paket pengetahuan bersinggungan menghasilkan irisan- irisan menjadi paket pengetahuan.

 

TES FORMATIF MODUL 1 KB 1 PEDAGOGI 2 PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21

 

1.   Rendahnya partisipasi peserta didik di kelas mendorong seorang guru menyediakan google drive agar karya peserta didik dapat tersimpan dengan baik sehingga memudahkan teman lainnya dalam memberikan sumbang saran terkait karya temannya. Hal ini merupakan pengintegrasikan teknologi pada domain.....

a. Pengelolaan pembelajaran

b. Pemahaman terhadap peserta didik

c. Pemahaman materi pembelajaran

d. Penilaian terhadap peserta didik

e. Strategi pembelajaran

 

2.    Berikut ini merupakan ciri generasi z yang berkaitan dengan preferensi belajarnya adalah.....

a. Suka membaca teks dari buku elektronik

b. Bersifat terbuka terhadap rekam jejak digitalnya

c. Menyukai musik dan mendengarkan radio

d. Menyukai komunikasi berbasis visual

e. Tidak suka berkolaborasi dan cenderung menyendiri

 

3.    Model pembelajaran abad 21 yang menekankan dihasilkannya produk dan menekankan otonomi belajar sejak mulai merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajarnya adalah .....

a. Bermain peran dan simulasi

b. Pembelajaran berbasis proyek

c. Pembelajaran kooperatif

d. Pembelajaran diskusi online

e. Pembelajaran kontekstual

 

4.    Guru perlu bersikap luwes dalam merancang pembelajaran abad 21. Pernyataan ini mengandung pengertian....

a. Pelaksanaan pembelajaran tidak perlu berurutan sesuai rancangan

b. Teknologi perlu disesuaikan dengan kebutuhan guru

c. Rancangan pembelajaran selalu mengintegrasikan teknologi

d. Tidak perlu membuat rancangan pembelajaran yang operasional

e. Rancangan membuka peluang perubahan strategi dan materi

 

5.    Pernyataan berikut yang merupakan fenomena pembelajaran abad 21 yang menyebabkan era disrupsi pendidikan adalah.....

a. Banyaknya media pembelajaran berkualitas

b. Standar kompetensi guru yang meningkat

c. Semakin meningkatnya kemampuan TIK peserta didik

d. Peningkatan jumlah kepemilikan perangkat TIK

e. Berkembangnya massive online open course

 

6.    Guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21 sebaiknya....

a. Memfokuskan diri kepada penguasaan aplikasi komputer kontemporer

b. Menjadi pengendali utama terhadap materi pembelajaran

c. Menekankan kepada pengembangan keterampilan belajar

d. Mengutamakan agar peserta didik menguasai materi

e. Memfokuskan diri kepada penguasaan materi pembelajaran

 

7.    Pembelajaran abad 21 menekankan kepada hal-hal berikut ini, kecuali....

a. Mengembangkan kreatifitas, daya inovasi, dan keterampilan kognisi

b. Penyelesaian masalah, berpikir tingkat tinggi, dan kolaborasi

c. Penguasaan aplikasi komputer, penuntasan materi, dan pemahamanteknologi

d. Keterampilan komunikasi, keterampilan belajar, dan metakognisi

e. Pengembangan keterampilan belajar mandiri, tanggungjawab, dan mencipta

 

 

8.    Guru perlu memastikan desain pembelajaran yang dimediasi teknologi merupakan keputusan pedagogis. Alasan paling masuk akal terkait pernyataan di atas adalah...

a. Teknologi telah menggantikan peran guru di semua aspek pembelajaran

b. Pembelajaran abad21 memerlukan penerapan prinsip-prinsip pembelajaran

c. Peserta didik dapat belajar mandiri meskipun tanpa kehadiran seorang guru

d. Pembelajaran yang dimediasi teknologi harus dilengkapi kelas konvensional

e. Guru sepenuhnya terbantu oleh peran teknologi abad 21 yang canggih

 

9.    Seorang guru menggunakan animasi video untuk menjelasksan materi prinsip kerja hukum Newton. Tindakan guru merupakan penerapan TPACK dalam domain.....

a. Merepresentasikan data

b. Upaya memahami peserta didik

c. Rancangan kurikulum

d. Pengelolaan pembelajaran

e. Memahami materi pembelajaran

 

 

10.       Generasi z memiliki rentang perhatian yang pendek. Manakah pernyataan berikut mencerminkan strategi paling tepat untuk melayani generasi z adalah....

a. Meminta peserta didik untuk tetap fokus kepada guru

b. Mengemas materi ke dalam topik-topik kecil

c. Mengurangi jam pelajaran dan tatap muka

d. Menambah materi pembelajaran berupa bacaan

e. Mengganti buku cetak dengan buku elektronik

  

BACA JUGA: Kumpulan Soal dan Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1-4 Pedagogi 1 PPG Terbaru Tahun 2021

  

Untuk lebih jelas dan mudahnya, admin telah meyiapkan video tutorial Soal dan Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogi 2 PPG Terbaru Tahun 2021 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21, jangan lupa like, share, comment dan SUBSCRIBE akun youtube admin ya… 


 

Demikian sekilas tentang Soal dan Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogi 2 PPG Terbaru 2021 yaitu Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21, semoga ada manfaatnya dan terima kasih sudah berkunjung…


Post a Comment for "Soal dan Jawaban Tes Formatif Modul 1 KB 1 Pedagogi 2 PPG Terbaru 2021 Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21"