Update Aplikasi ARKAS/RKAS versi 2.06 Kemdikbud - OPERATOR SD
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Update Aplikasi ARKAS/RKAS versi 2.06 Kemdikbud

 

Operatorsd.com - Update Aplikasi ARKAS/RKAS versi 2.06 Kemdikbud - Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) merupakan sistem yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan input RKAS oleh Tim BOS sekolah.

 



Berdasarkan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler, melakukan input ARKAS pada sistem yang telah disediakan oleh Kementerian merupakan salah satu tugas dan tanggungjawab tim BOS sekolah. Selain itu untuk melakukan proses input RKAS pada periode anggaran tahun 2020, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah merilis ARKAS Versi 2.06.

 

Sebelum rekan-rekan melakukan pembaruan Aplkasi RKAS versi 2.06 ada baiknya simak dulu pembaruan apa saja yang ditawarkan Aplikasi RKAS (ARKAS) 2.06 ini, berikut detail pembaruannya:

Perbaikan dilakukan tim pusat ARKAS di Update versi 2.05 ke versi 2.06

1. Perbaikan perhitungan perubahan sesuai dengan pembagian tahap

2. perbaikan kertas kerja minus tetap dibolehkan

3. perbaikan pergeseran SILPA

4. perbaikan reset password gagal

5. perubahan sinkronisasi

6. perbaikan pengajuan pengesahan

7. Perbaikan jumlah Afirmasi/Kinerja kurang lebih dari 60 juta

8. Perbaikan cek status

9. Perbaikan perubahan Anggaran

 

Pembaruan yang paling menonjol pada updater aplikasi ARKAS versi 2.06 adalah adanya fasilitas perubahan sinkronisasi/jumlah siswa menurut cut off BOS per tanggal 31 Agustus 2020 data sekolah pada Manajemen RKAS.

 

Bagaiman cara mengunduh dan menginstalasi Aplikasi RKAS 2.06???

Pembaruan/Update Aplikasi RKAS Versi 2.06 bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara, yakni:

1.     Rekan-rekan dapat mengunduhnya secara manual pada alamat berikut: (http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download),

Manfaat bagi yang melakukan update aplikasi Arkas versi 2.06 secara manual memberikan kemudahan penguna aplikasi RKAS, terutama untuk daerah yang memiliki jaringan atau koneksi internet yang lambat atau kurang stabil, admin rekomendasikan melakukan pembaruan/updater menggunakan aplikasi RKAS secara manual.

2.    Selain itu rekan-rekan juga dapat melakukan pembaruan secara otomatis dengan menggunakan fitur autoupdate yang terdapat pada aplikasi RKAS sebelumnya atau bisa langsung rekan-rekan unduh file Setup ARKAS 2.06 [DISINI]

 

TONTON VIDEO TUTORIAL UPDATE ARKAS 2.06: https://youtu.be/GU5SPWS66vk


 

CARA UPDATE TERBAIK: Harap Menggunakan Menu Utilitas yang terdapat pada Aplikasi RKAS (Menu Update Otomatis) dengan syarat perangkat kita harus terkoneksi dengan internet.

 

PERLU DIINGAT: Username, Password dan Kode Aktivasi Sekolah jangan sampai lupa atau hilang, simpan dengan baik.

 

Catatan: Sebelum menginstal/memasang updater aplikasi RKAS Versi 2.05 rekan-rekan harus memastikan sudah memiliki Aplikasi RKAS Versi 2.04 instaler atau sudah terpasang Aplikasi RKAS Versi sebelumnya.

 

Menggunakan aplikasi RKAS terbaru sudah pasti pekerjaan rekan-rekan operator akan semakin mudah, dan akan selesai sesuai dengan target penyelesaian Aplikasi RKAS pada satuan pendidikannya masing-masing. Terutama pada sekolah-sekolah yang menerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler tahun 2020 ini.

 

Demikian admin sampaikan tentang informasi Pembaruan/Update Aplikasi RKAS (ARKAS) versi 2.06, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

 

1 comment for "Update Aplikasi ARKAS/RKAS versi 2.06 Kemdikbud"

  1. mushabhidayat: terimakasih infonya min izin save......

    ReplyDelete

Silahkan Komentar dengan sopan serta kritik dan saran yang membangun